Senin, 15 Juni 2009

Pendidikan Suatu Proses Perubahan

Pendidikan adalah suatu proses perubahan sikap dan tata laku secara individu atau kelompok orang dalam usaha proses pendewasaan pendidikan melalui upaya pengajaran, pelatihan, proses, perbuatan dan cara mendidik dalam meningkatkan sumber daya manusia secara global dan berkualitas. Peningkatan kualitas sumber daya manusia mempunyai posisi yang strategis untuk keberhasilan dan kelajutan pembangunan Nasional. Upaya tersebut mutlak harus mendapat perhatian yang sungguh dan harus dirancang dan direncanakan secara sistematik dan seksama berdasarkan pemikiran yang efektif dan matang.

Keberhasilan mengikuti Pendidikan dari jenjang TK, SD, SMP, SMA / SMK mempunyai pengaruh yang sangat besar untuk merai keberhasilan pendidikan pada jenjang sekolah yang lebih tinggi oleh karena itu Pendidikan dapat ditingkatkan mutuya harus mendapat perhatian yang serius dari berbagai unsur yang terkait.

Peningkatan Mutu Pendidikan harus beranjak dari Peningkatan kualitas kerja dan kompetensi dari para pendidik ( Guru ) Peningkatan kualitas kerja dan kompetensi Guru dapat dilakukan dalam berbagai usaha Peningkatan kualitas kemampuan dan profesionalisme dari setiap Pendidik itu sendiri.

Pada situasi global Bangsa Indonesia pada umumnya dan masyarakat mamasa pada khususnya tengah menghadapi tantangan dan masalah yang sangat sulit salah satu diantaranya adalah Quality Of the Human Recource. Peningkatan Mutu sumber daya manusia inilah yang merupakan misi dari semua pihak yang terlibat dalam pembangunan, pengelolaan dan pelaksanaan Pendidikan khususnya di Bidang Perencanaan dan Kurikulum Dinas Pendidikan Kabupaten Mamasa.

Dengan kenyataan yang ada dilingkungan sekolah pada saat melaksanakan proses belajar mengajar pada akhir tahun perlu dilakukan monitoring dan evaluasi untuk mengukur tingkat keberhasilan sekolah – sekolah dan untuk mengevaluasi hal – hal yang perlu diprogramkan dan dikembangkan demi Kemajuan Pendidikan di Kabupaten Mamasa.

Monitoring adalah suatu upaya mengumpulkan informasi tentang kenyataan pelaksanakan program dalam rangka membantu pengelola program untuk menjawab segala tantangan yang berkaitan dengan kegiatan yang dilakukan. Hasil dari monitoring itu digunakan sebagai bahan dalam penyusunan laporan pelaksanaan program, disamping juga sebagai masukan dalam mengevaluasi program. Sedangkan evaluasi adalah suatu upaya untuk melakukan analisis dan penilaian terhadap program itu sendiri berdasarkan pada informasi yang diperoleh dari hasil monitoring maupun dari sumber lain.

Dengan adanya Misi Monitoring dan Evaluasi yang dilakukan di Bidang Perencanaan dan Kurikulum Dinas Pendidikan Kabupaten Mamasa pada dasarnya untuk membantu peningkatan kualitas pelayanan masyarakat da Peningkatan Mutu Pendidikan, hal ini sejalan dengan Visi dan Misi Dinas Pendidikan Kabupaten Mamasa.